Skip to main content

Jejaring Sosial No 1 Di Dunia

Facebook (FB) adalah jaringan pertemanan paling populer didunia termasuk di Indonesia.

Berdasarkan Surver dari www.alexa.com Hampir di seluruh dunia terutama Negara Negara Asia Tenggara www.facebook.com adalah situs yang paling sering di akses dibandingkan dengan situs-situs lainnya, mengalahkan situs yang sudah lama malang melintang di dunia maya seperti www.yahoo.com atau www.google.com . lihat za potongan gambar dari alexa niiii…h..


Gambar 1 menunjukan Rangking fesbuk didunia.


Gambar 2 menunjukan rangking situs yang paling sering dikunjungi di Indonesia.


Dasyat bukan????



SIAPA PENGGUNA FESBUK?

Facebook (FB) digunakan siapapun kapanpun dan dimanapun. Namun berdasarkan survey, sebagian pengguna adalah Usia antara 18 sampai dengan 34 tahun / usia sekolah dan memang banyak di akses dari lingkungan sekolah baik menggunakan Mobile Phone ataupun pake Kompy ni datanya.. masih dari Alexa.


KENAPA HARUS FESBUK?

Facebook (FB) bukan satu satunya jejaring social. Ada banyak lagi tapi kenapa fesbuk menjadi pilihan. Alasannya simple Karena Mudah dan lengkap, Mudah digunakan, mudah cari teman, mudah dikenali teman,mudah dalam berkomunikasi, dan aplikasinya lengkap mulai fasilitas Grup, cheating, pesan pribadi, kirim2 teks,gambar,video atau tautan web. Aplikasi pendukungnya juga banyak banget dari aplikasi serius pe aplikasi games online.


Rasanya wajar kalo semua orang didunia maya tertarik menggunakannya dari mulai sekedar seru-seruan, Bisnis, Bahkan untuk menanamkan idialisme tertentu, Fesbuk memang efektif buat Propaganda baik berorientasi Profit maupun non profit malah yang dah puya website / blog sendiri jg kayanya belum lengkap Tanpa Fesbuk….


EFEK FESBUK?

Kehebatan Fesbuk telah dirasakan jutaan orang didunia, termasuk saya. Mendekatkan silaturahmi dengan Sodara yang berada jauh dari disono, ketemu lagi dengan kawan lama, sharing dengan kawan seprofesi dimanapun, sharing dengan temen yang punya hobby, minat sama, atw coba praktek bahasa inggris dengan native speaker (penutur asli) malah bs jualan juga via fesbuk…pokonya banyak banget manfaatnya….

Tapi dibalik itu semua banyak juga efek negatifnya diantaranya masalah waktu yang tersita hingga kerjaan / tugas pokok banyak ditinggalkan, Uang jajan / Uang bayaran sekolah yang malah disetor di warnet, Pasangan Cemburu karna Qta ketemu mantan di fesbuk, atau mungkin sengaja digunakan ajang perselingkuhan, belum lagi propaganda negative idialisme yang menyesatkan dan hati hati juga dengan penipuan dan bisnis barang haram. Belakangan diketahui ada perdaganyan wanita di fesbuk dan mungkin masih buanyak lagi efek negative nya….

Hingga wajar rasanya jika ada sebagian orang yang menyatakan bahwa fesbuk itu HARAM dengan tujuan sangat Mulia yaitu menyelamatkan umat. Saya sangat menghormatinya walau saya secara pribadi yang tidak tahu banyak masalah agama kurang setuju dengan beberapa alasan:

  1. Sulit sekali melarang orang untuk tidak fesbukan
  2. Selain sisi negatipnya masih sangat banyak sisi positipnya


  3. Fesbuk hanya sebuah sarana, tergantung orang menggunakannya
    (Contoh sederhana: Sepeda Motor kalo dipake nganter Ustadz Ngajar Ngaji berati berdampak positif. Tapi kalo sepeda motor dipakai untuk menjambret berarti berdampak negative. Lalu apa yang harus di haramkan? Menjambret atau Sepeda Motornya?...)



  4. Sebagai orang yang punya tanggungjawab moral terhadap generasi Qta. Qta tidak boleh lari dari pesatnya perkembangan technology karena jika melarang artinya pengecut, lari dari kenyataan dan tidak berusaha melawan efek negative tersebut.



So What?

Sebagai Orang yang Punya tanggungjawab moral Khususnya para pendidik. Sekarang Qta kembalikan ke diri Qta masing masing Apa yang harus Qta Lakukan?

Ada beberapa pilihan :

  1. Diam Karna tidak suka dan tidak mengerti fesbuk
  2. Melarang siswa fesbukan karena banyak pengaruh negative
  3. Mengarahkan siswa jika menggunakan fesbuk harus hati-hati
  4. Memanfaatkan Fesbuk untuk mengontrol aktifitas siswa di luar sekolah dan menggunakannya sebagai Sarana Pendidikan.

Pilihan ada ditangan anda karna Diam, melarang, mengarahkan atau memanfaatkan fesbuk adalah HAK…..

Tapi saya perlu mengingatkan bahwa menyelamatkan Siswa dari kehancuran adalah WAJIB. Oh…iya saya baru inget …bukankah sekarang lagi gencar Pendidikan Berbasis IT?


Popular posts from this blog

10 KETERAMPILAN GURU

K ali ini saya coba tampilkan tulisan yang terkait dengan tulisan sebelumnya yang berjudul Micro Teaching pada tulisan sebelumnya saya menampilkan sepuluh keterampilan yang dilatih dalam pembelajaran mikro yang kesemuanya itu merupakan dalam sebuah proses belajar mengajar. Keteampilan khusus itu meliputi:   Ketrampilan membuka pelajaran   Keteampilan memberi motivasi Ketrampilan bertanya   Ketrampilan menerangkan Ketrampilan mendayagunakan media Ketrampilan menggunakan metode yang tepat Ketrampilan mengadakan interaksi Ketrampilan penampilan verbal dan non verbal Ketrampilan penjajagan/assesment. Ketrampilan menutup pelajaran.

Perbedaan Analisis TOWS dengan SWOT

Analisa merupakan suatu yang sangat biasa digunakan oleh para pelaku bisnis bahkan merambah dunia lain maksudnya bidang lain selain bisnis karena telah dirasakan manfaat yang sangat besar dari sebuah analisa untuk perbaikan perencanaan dan strategi pencapaian di masa yang akan datang. Salah satu analisa yang dianggap ampuh adalah Analisis SWOT . Seiring dengan waktu analisis SWOT mulai ditinggalkan dan beralih ke analisis TOWS. Apa sih..Analisis SWOT ???? Silahkan klik disini , lalu apa bedanya dengan Analisis TOWS ???...(Sabar dulu ya...)

CARI POTENSI DIRI DENGAN ANALISIS SWOT

Sering kali kita mendengar istilah BAKAT TERPENDAM, Istilah tersebut terlontar ketika seseorang melakukan sesuatu dengan baik tanpa diduga oleh orang lain dan pelakunya sendiri karena sebelumnya dia tidak pernah melakukan hal tersebut, atau kita juga sering mendengar penilaian seseorang terhadap orang lain yang dianggap berlebihan dalam melakukan sesuatu padahal semua orang dapat menilai bahwa kemampuannya tidak seperti yang dilakukannya atau yang diceritakannya biasanya diungkapkan dengan ungkapan SO k seperti sok tahu, sok pinter, sok cakep, etc… Realita yang terjadi di lingkungan terdekat kita Saya memang seperti itu, memberikan penilaian terhadap orang lain jauh lebih mudah daripada menilai diri sendiri, walaupun pada kenyataannya menilai orang lain secara Objective dari satu sudut pandang tertentu dibutuhkan latihan yang terencana, sistematis dan terkontrol supaya penilaian terhadap orang lain tidak melebar dan menjurus ke NGEGOSIP walaupun ngegosip itu emang sip…. Jika men