Skip to main content

BELAJAR MENYENANGKAN DI NEGERI MIMPI


Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri pernikahan teman saya di negeri mimpi, dia adalah seorang pendidik seperti saya, saya berbincang dengan beberapa orang yang sepertinya mereka juga satu profesi dengan saya, saya hanya menduga-duga saja karena yang mereka bicarakan berputar-putar di sekitar kesejahteraan, sertifikasi dan anak-anak nakal, selang beberapa waktu saya coba arahkan pembicaraan kearah yang menurut saya lebih bermanfaat, dari pembicaraan anak nakal saya bawa pembicaraan ke metode dan strategi pengajaran tapi respon yang saya dapat cukup mengejutkan sangat dingin dan lebih kaget lagi mendengar celetukan seorang diantara mereka "yang paling mudah dan paling sering di pakai itu adalah metode penugasan" katanya…. Maksudnya??? " ya.. biasa kerjakan LKS halaman sekian, nanti dikumpulkan dimeja bapak" katanya sambil tersenyum.



Cukup lama kami bercerita pengalaman mengajar disekolah masing-masing, dengan nada penuh canda, saya banyak bertanya kepada mereka maklum masa kerja mereka rata-rata lebih dari 20 tahun dan diantaranya sudah sertifikasi, dari pembicaraan tersebut saya mendapatkan ilmu baru, diantaranya :
  1. Tahap Perencanaan pembelajaran yang meliputi Silabus, RPP, Program semester, dan Program tahunan hamper semua punya, gampang kok tinggal photo copy atau download di internet sebab RPP itu tidak penting, yang penting itu ngajar nya. (katanya)
  2. Proses belajar dikelas, guru itu Cuma fasilitator jadi cukup duduk atau kalau sudah memberikan tugas guru bebas mau apa saja, ngobrol, makan, menghadiri undangan pernikahan, rapat di lingkungan kelurahan/maklum beliau juga pejabat kelurahan dll.. Sebab apapun metode nya tetap saja yang pinter tetep pinter yang bodo tetep bodo. (katanya)
  3. Kegiatan dikelas yang paling penting itu kegiatan awal, Kegiatan awal adalah menagih cicilan uang LKS (katanya)
  4. Evaluasi : penilaian terhadap siswa dititik beratkan pada keseharian siswa jadi walaupun tidak di periksa/dianalisa sudah ketahuan bagaimana nilai siswa tersebut (katanya)
  5. Kurikulum : gonta ganti terus, membingungkan yang satu belum selesai, sudah dating lagi yang baru, yang menjadi korbankan kita-kita yang dibawah. (katanya)
  6. Sertifikasi : saya kan sudah sertifikasi jadi jam mengajar jangan banyak-banyak, kita kasih kesempatan buat yang muda-muda mendapatkan jam mengajar sesuai dengan ketentuan, kalau saya kan sudah sertifikasi,,,mau apa lagi…(katanya)
  7. Pengawasan : selama 29 tahun masa kerja saya pernah 1 kali ketika mengajar dikelas disaksikan oleh kepala sekolah dan pengawas…itu juga dulu… kalau sekarang sih mau apa….pengawasnya juga dulu murid saya (katanya)
  8. Kegiatan tambahan : kegiatan di negri mimpi kurang bagus,,,sebab kesejahteraan nya kurang…(katanya)
  9. Masa Sibuk : yang paling sibuk itu waktu ujian nasional, siswa nya santai…kita sebagai tim sukses yang sibuk….(katanya)
  10. banyak banget saya jadi banyak yang lupa….
Dari pembicaraan tersebut saya hanya berpikir pantas saja ketika saya tanya beberapa siswa:
  1. Apa pelajaran yang paling kamu tunggu ?
  2. Belajar apa yang membuat kamu senang ?
  3. Agenda Sekolah apa yang paling menarik ?
Jawaban Siswa di negri mimpi adalah
  1. Pelajaran yang paling di tunggu adalah Pelajaran Kosong (Tidak Ada Guru)
  2. Belajar yang paling membuat senang adalah belajar dirumah
  3. Agenda sekolah yang paling menarik adalah agenda hajatan guru atau agenda rapat guru
Untung saya tidak tinggal dan bekerja di negeri mimpi, Semoga mereka segera mendapat Hidayah..Amiiiinnn…..

Popular posts from this blog

10 KETERAMPILAN GURU

K ali ini saya coba tampilkan tulisan yang terkait dengan tulisan sebelumnya yang berjudul Micro Teaching pada tulisan sebelumnya saya menampilkan sepuluh keterampilan yang dilatih dalam pembelajaran mikro yang kesemuanya itu merupakan dalam sebuah proses belajar mengajar. Keteampilan khusus itu meliputi:   Ketrampilan membuka pelajaran   Keteampilan memberi motivasi Ketrampilan bertanya   Ketrampilan menerangkan Ketrampilan mendayagunakan media Ketrampilan menggunakan metode yang tepat Ketrampilan mengadakan interaksi Ketrampilan penampilan verbal dan non verbal Ketrampilan penjajagan/assesment. Ketrampilan menutup pelajaran.

Perbedaan Analisis TOWS dengan SWOT

Analisa merupakan suatu yang sangat biasa digunakan oleh para pelaku bisnis bahkan merambah dunia lain maksudnya bidang lain selain bisnis karena telah dirasakan manfaat yang sangat besar dari sebuah analisa untuk perbaikan perencanaan dan strategi pencapaian di masa yang akan datang. Salah satu analisa yang dianggap ampuh adalah Analisis SWOT . Seiring dengan waktu analisis SWOT mulai ditinggalkan dan beralih ke analisis TOWS. Apa sih..Analisis SWOT ???? Silahkan klik disini , lalu apa bedanya dengan Analisis TOWS ???...(Sabar dulu ya...)

CARI POTENSI DIRI DENGAN ANALISIS SWOT

Sering kali kita mendengar istilah BAKAT TERPENDAM, Istilah tersebut terlontar ketika seseorang melakukan sesuatu dengan baik tanpa diduga oleh orang lain dan pelakunya sendiri karena sebelumnya dia tidak pernah melakukan hal tersebut, atau kita juga sering mendengar penilaian seseorang terhadap orang lain yang dianggap berlebihan dalam melakukan sesuatu padahal semua orang dapat menilai bahwa kemampuannya tidak seperti yang dilakukannya atau yang diceritakannya biasanya diungkapkan dengan ungkapan SO k seperti sok tahu, sok pinter, sok cakep, etc… Realita yang terjadi di lingkungan terdekat kita Saya memang seperti itu, memberikan penilaian terhadap orang lain jauh lebih mudah daripada menilai diri sendiri, walaupun pada kenyataannya menilai orang lain secara Objective dari satu sudut pandang tertentu dibutuhkan latihan yang terencana, sistematis dan terkontrol supaya penilaian terhadap orang lain tidak melebar dan menjurus ke NGEGOSIP walaupun ngegosip itu emang sip…. Jika men