Saturday, March 20, 2010

BELAJAR MENYENANGKAN DI NEGERI MIMPI


Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri pernikahan teman saya di negeri mimpi, dia adalah seorang pendidik seperti saya, saya berbincang dengan beberapa orang yang sepertinya mereka juga satu profesi dengan saya, saya hanya menduga-duga saja karena yang mereka bicarakan berputar-putar di sekitar kesejahteraan, sertifikasi dan anak-anak nakal, selang beberapa waktu saya coba arahkan pembicaraan kearah yang menurut saya lebih bermanfaat, dari pembicaraan anak nakal saya bawa pembicaraan ke metode dan strategi pengajaran tapi respon yang saya dapat cukup mengejutkan sangat dingin dan lebih kaget lagi mendengar celetukan seorang diantara mereka "yang paling mudah dan paling sering di pakai itu adalah metode penugasan" katanya…. Maksudnya??? " ya.. biasa kerjakan LKS halaman sekian, nanti dikumpulkan dimeja bapak" katanya sambil tersenyum.



Cukup lama kami bercerita pengalaman mengajar disekolah masing-masing, dengan nada penuh canda, saya banyak bertanya kepada mereka maklum masa kerja mereka rata-rata lebih dari 20 tahun dan diantaranya sudah sertifikasi, dari pembicaraan tersebut saya mendapatkan ilmu baru, diantaranya :
  1. Tahap Perencanaan pembelajaran yang meliputi Silabus, RPP, Program semester, dan Program tahunan hamper semua punya, gampang kok tinggal photo copy atau download di internet sebab RPP itu tidak penting, yang penting itu ngajar nya. (katanya)
  2. Proses belajar dikelas, guru itu Cuma fasilitator jadi cukup duduk atau kalau sudah memberikan tugas guru bebas mau apa saja, ngobrol, makan, menghadiri undangan pernikahan, rapat di lingkungan kelurahan/maklum beliau juga pejabat kelurahan dll.. Sebab apapun metode nya tetap saja yang pinter tetep pinter yang bodo tetep bodo. (katanya)
  3. Kegiatan dikelas yang paling penting itu kegiatan awal, Kegiatan awal adalah menagih cicilan uang LKS (katanya)
  4. Evaluasi : penilaian terhadap siswa dititik beratkan pada keseharian siswa jadi walaupun tidak di periksa/dianalisa sudah ketahuan bagaimana nilai siswa tersebut (katanya)
  5. Kurikulum : gonta ganti terus, membingungkan yang satu belum selesai, sudah dating lagi yang baru, yang menjadi korbankan kita-kita yang dibawah. (katanya)
  6. Sertifikasi : saya kan sudah sertifikasi jadi jam mengajar jangan banyak-banyak, kita kasih kesempatan buat yang muda-muda mendapatkan jam mengajar sesuai dengan ketentuan, kalau saya kan sudah sertifikasi,,,mau apa lagi…(katanya)
  7. Pengawasan : selama 29 tahun masa kerja saya pernah 1 kali ketika mengajar dikelas disaksikan oleh kepala sekolah dan pengawas…itu juga dulu… kalau sekarang sih mau apa….pengawasnya juga dulu murid saya (katanya)
  8. Kegiatan tambahan : kegiatan di negri mimpi kurang bagus,,,sebab kesejahteraan nya kurang…(katanya)
  9. Masa Sibuk : yang paling sibuk itu waktu ujian nasional, siswa nya santai…kita sebagai tim sukses yang sibuk….(katanya)
  10. banyak banget saya jadi banyak yang lupa….
Dari pembicaraan tersebut saya hanya berpikir pantas saja ketika saya tanya beberapa siswa:
  1. Apa pelajaran yang paling kamu tunggu ?
  2. Belajar apa yang membuat kamu senang ?
  3. Agenda Sekolah apa yang paling menarik ?
Jawaban Siswa di negri mimpi adalah
  1. Pelajaran yang paling di tunggu adalah Pelajaran Kosong (Tidak Ada Guru)
  2. Belajar yang paling membuat senang adalah belajar dirumah
  3. Agenda sekolah yang paling menarik adalah agenda hajatan guru atau agenda rapat guru
Untung saya tidak tinggal dan bekerja di negeri mimpi, Semoga mereka segera mendapat Hidayah..Amiiiinnn…..

Artikel Serupa



Silahkan tanggapi Artikel BELAJAR MENYENANGKAN DI NEGERI MIMPI. Semoga bermanfaat Jadilah Komentator Pertama

Post a Comment