Sunday, March 21, 2010

Belajar TIK menggunakan Video Tutorial Sendiri

Mengajarkan sebuah keterampilan adalah beban yang sangat berat, walaupun pelajaran ini tidak di uji dalam Ujian Nasional, Karena per-tanggung jawabannya langsung dengan orang tua dan masyarakat. Mengajar TIK bukan hanya memberikan pemahaman dan pengetahuan akan tetapi juga dituntun melatih siswa agar terampil sehingga diharapkan siswa dapat belajar lebih baik lagi dengan berbekal keterampilan TIK.
Dari Pagi sampai siang mengajarkan satu keterampilan kepada ratusan siswa secara bergantian membuat kita selalu berulang-ulang menjelaskan-nya, BOSAN da Cape juga.... Pengalaman tersebut membuat saya berfikir untuk mensiasatinya, akhirnya saya coba membuat video tutorial sendiri dari materi-materi yang diajarkan.
Ada beberapa manfaat dengan membuat video seperti ini, diantaranya :

1. Guru tidak terlalu cape menerangkan berulang-ulang
2. Siswa lebih memahami materi karena langsung melihat contoh
3. Siswa bisa belajar sendiri di rumah dengan bantuan video-video tersebut
4. Selain siswa, Video tutorial ini dapat dimanfaatkan oleh orang lain yang baru belajar Microsoft Office

Video tutorial yang saya buat adalah tutorial Belajar Microsoft Office untuk siswa SMP kelas 1 dan 2, jadi materi-nya juga masih sangat sederhana, versi yang diajarkan juga bukan yang terbaru Bukan Office 2007 dengan beberapa pertimbangan, selain masih banyak kantor, sekolah, rental yang belum menggunakannya, di lab. komputer sekolah sekolah juga masih banyak yang menggunakan versi terdahulu karena sebagian komputer yang ada belum support dengan versi terbaru.

Oke Langsung aja deh,, nih Videonya..



1. MULAI BEKERJA DENGAN MICR. OFFICE WORD


Artikel Serupa



Silahkan tanggapi Artikel Belajar TIK menggunakan Video Tutorial Sendiri. Semoga bermanfaat 2 komentar sampai saat ini. Silahkan tambahkan tanggapan Anda

Post a Comment