Skip to main content

Kosa Kata dalam Pembelajaran B.Inggris

Kemampuan intelektual, emosional dan sosial siswa adalah kunci suksek di era global ini, dimana persaingan sangat ketat, untuk mempersiapkan generasi yang siap bersaing maka siswa disuguhi berbagai ilmu pengetahuan dimana kemampuan bahasa menjadi peran yang sangat sentral.

Bahasa dipahami sebagai alat komunikasi untuk menerima dan menyampaikan ide atau gagasan dengan demikian kecerdasan berbahasa seseorang akan sangat berpengaruh terhadap kecerdasan lainnya. Bahasa tidak hanya menyampaikan gagasan saja melainkan dengan tingkat kecerdasan berbahasa seseorang dapat menerima segala bentuk informasi dengan cepat dan tepat untuk kemudia dengan kecerdasanya tersebut seseorang tersebut dapat menyampaikannya kembali kepada orang lain, dan bahkan dengan kecerdasan berbahasa seseorang dapat membentuk pikiran orang lain sesuai dengan apa yang dipikirkannya. Pemilihan kata atau tata bahasa yang tepat akan sangat berpengaruh pada hubungan dan status sosial seseorang, karena pendengar dapat menilai kapasitas seseorang melalui bahasanya


Bahasa inggris sebagai bahasa internasional adalah bahasa yang sangat penting untuk dikuasai karena bahasa inggris digunakan secara luas dalam setiap aspek kehidupan. Menyadari akan hal tersebut, pembelajaran bahasa inggris telah diterapkan sejak dini pada sistem pendidikan di Indonesia sebagai salah satu upaya meningkatkan kompetensi individu menghadapi era globalisasi.

Keinginan kuat pemerintah ternyata belum sejalan dengan kenyataan yang ada karena dapat dilihat dari hasil pencapaian siswa-siswa lulusan sekolah atau para pencari kerja yang masih lemah dalam berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris masih menjadi salah satu pelajaran yang ditakuti oleh para siswa, mereka menjalani proses pembelajaran tanpa motivasi, kelas yang pakum, takut bertanya, siswa yang pasif dan berbagai persoalan masih menjadi kendala dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah.

Siswa cederung pasif di dalam kelas karena berbagai permasalahan diantaranya mereka takut salah dalam mengungkapkan gagasan serta pemahaman terhadap materi sebelumnya dari teks yang dibacanya yang kurang bisa dipahami karena keterbatasan kosa kata.

Popular posts from this blog

10 KETERAMPILAN GURU

K ali ini saya coba tampilkan tulisan yang terkait dengan tulisan sebelumnya yang berjudul Micro Teaching pada tulisan sebelumnya saya menampilkan sepuluh keterampilan yang dilatih dalam pembelajaran mikro yang kesemuanya itu merupakan dalam sebuah proses belajar mengajar. Keteampilan khusus itu meliputi:   Ketrampilan membuka pelajaran   Keteampilan memberi motivasi Ketrampilan bertanya   Ketrampilan menerangkan Ketrampilan mendayagunakan media Ketrampilan menggunakan metode yang tepat Ketrampilan mengadakan interaksi Ketrampilan penampilan verbal dan non verbal Ketrampilan penjajagan/assesment. Ketrampilan menutup pelajaran.

Perbedaan Analisis TOWS dengan SWOT

Analisa merupakan suatu yang sangat biasa digunakan oleh para pelaku bisnis bahkan merambah dunia lain maksudnya bidang lain selain bisnis karena telah dirasakan manfaat yang sangat besar dari sebuah analisa untuk perbaikan perencanaan dan strategi pencapaian di masa yang akan datang. Salah satu analisa yang dianggap ampuh adalah Analisis SWOT . Seiring dengan waktu analisis SWOT mulai ditinggalkan dan beralih ke analisis TOWS. Apa sih..Analisis SWOT ???? Silahkan klik disini , lalu apa bedanya dengan Analisis TOWS ???...(Sabar dulu ya...)

CARI POTENSI DIRI DENGAN ANALISIS SWOT

Sering kali kita mendengar istilah BAKAT TERPENDAM, Istilah tersebut terlontar ketika seseorang melakukan sesuatu dengan baik tanpa diduga oleh orang lain dan pelakunya sendiri karena sebelumnya dia tidak pernah melakukan hal tersebut, atau kita juga sering mendengar penilaian seseorang terhadap orang lain yang dianggap berlebihan dalam melakukan sesuatu padahal semua orang dapat menilai bahwa kemampuannya tidak seperti yang dilakukannya atau yang diceritakannya biasanya diungkapkan dengan ungkapan SO k seperti sok tahu, sok pinter, sok cakep, etc… Realita yang terjadi di lingkungan terdekat kita Saya memang seperti itu, memberikan penilaian terhadap orang lain jauh lebih mudah daripada menilai diri sendiri, walaupun pada kenyataannya menilai orang lain secara Objective dari satu sudut pandang tertentu dibutuhkan latihan yang terencana, sistematis dan terkontrol supaya penilaian terhadap orang lain tidak melebar dan menjurus ke NGEGOSIP walaupun ngegosip itu emang sip…. Jika men