Monday, August 23, 2010

(RUMINGKANG) - Lagi - lagi Urang Sunda Kehilangan

Setelah beberawa waktu lalu Urang Sunda kehilangan Kang Ibing Budayawan yang melegenda dengan Kabayannya, kini harus kembali menelan Pil Pahit harus kehilangan RUMINGKANG di ajang Indonesia Mencari Bakat (IMB) salah satu ajang pencarian bakat di TransTV.


Rumingkang di IMB yang bermarkas di jalan Laswi Bandung ini beranggotakan lima mojang bandung yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar, Febi Laniarti Rizki (12), Nurul Fitri Anggraenie (12), Aulia Permatasari (11), Elsa Khoerunnisa (10) dan Shenie Indriani (9) cita-cita kelima anak belia Bandung ini adalah ingin menjadi penari profesional dan membawa nama Bandung (Sunda/Jawa Barat) go internasional dengan Jaipong.

 Penghargaan Gubernur Jawa Barat

Penampilan Rumingkang selalu memukau dan mengundang decak kagum penonton para juripun selalu menghujani dengan pujian olah gerak, kekompakan, penguasaan panggung, mimik, koreografi, kostum bahkan cara mereka berdiri dan berjalanpun tak luput dari pujian tak heran jika peraih penghargaan dari Gubernur Jawa Barat pada Hari Anak Nasional di Gedung Sate (2/8/2010) ini dengan bangga bersama Bapak Ishadi dewan komisaris TransTV memenuhi undangan Istana Kepresidenan untuk tampil di acara resmi kenegaraan memperingati Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2010.

Tampil di Istana Negara

Namun berbagai penghargaan tak cukup untuk mengantar Rumingkang ke tangga Juara, sadar bahwa dalam kompetisi harus ada yang menang dan harus ada pula yang kalah, sadar bahwa kompetitor di IMB semuanya bagus, sadar bahwa berakhir di IMB adalah bukan akhir melainkan awal dari perjalanan panjang RUMINGKANG, namun keadaan ini cukup menyesakan karena tak satupun dari finalis lainnya yang membawa kesenian tradisional.

Berto dengan sasando-nya sudah pulang lebih dulu, dou pianis muda peraih penghargaan dari kedutaan Amerika pun Jenis dan Ryan sudah terlupakan dari pemirsa IMB, kini IMB menyisakan penari modern FUNKY PAPUA (mewakili Indonesia Timur) dan BRANDON (yang imut dan lucu), olah vocal PUTRI AYU (Seriosa), HUDSON (dua karakter) dan satu wakil kaum miskin kota KLANTING.

Secara pribadi saya sulit memprediksi siapa yang akan menjadi Juara karena RUMINGKANG sudah pulang tapi dari kelima finalis saya lebih suka jika KLANTING yang menjadi JUARA karena menurut saya mereka lebih INDONESIA dari finalis lainnya, ini cuma pendapat kok. Anda boleh beda..

Dalam kesempatan ini juga saya menghaturkan terima kasih sama Melia Sagita  kreator Grup RUMINGKANG di facebook (Foto-foto di atas di ambil dari Grup facebook RUMINGKANG) Kang Asep dan Teh Tati atas akses yang diberikan, kalian adalah orang tua yang hebat, tetap semangat, tetap berjuang Untuk RUMINGKANG, untuk Seni Sunda, Untuk INDONESIA.

Artikel Serupa



Silahkan tanggapi Artikel (RUMINGKANG) - Lagi - lagi Urang Sunda Kehilangan. Semoga bermanfaat 13 komentar sampai saat ini. Silahkan tambahkan tanggapan Anda

Post a Comment