Saturday, September 18, 2010

Gratis Download RPP lengkap

Setelah satu pekan sibuk KOPDAR (kopi darat) dengan sanak saudara dan teman teman lama tiba waktunya melaksanakan rutinitas seperti biasa, sore tadi saya melakukan blogwalking sambil baca-baca di beberapa blog sahabat kemudian googling mencari artikel tentang perencanaan pembelajaran tapi ternyata keyword yang saya gunakan kurang tepat yaitu "rencana pembelajaran" maka munculah berbagai alamat dengan judul  Gratis Download RPP lengkap, Download RPP SMP, Download RPP & Silabus SD,SMP,SMA dan lainnya. Saya coba beberapa alamat ini dan mengunduh beberapa file dengan maksud sebagai referensi dan perbandingan dan untuk melihat apakah silabus dan RPP tersebut sudah menyertakan Nilai-nilai Budaya dan Karakter Bangsa atau belum.


Saat menunggu proses download saya baca ratusan komentar yang isinya kurang lebih seperti ini "tolong kirim ke alamat email saya di saya[at]anu[dot]com, terima kasih." atau "pak, minta RPP anu dong". atau bahkan  tanpa malu minta RPP pelajaran Anu kelas 7, 8, 9 (lengkap). Selain ribuan peminta-minta diantaranya ada juga yang marah-marah dengan bahasa yang kurang sopan atau yang komplen karena link yang diberikan  rusak atau filenya tidak lengkap. Sebagai Guru saya merasa kaget kecewa dan malu saat membaca komentar-komentar tersebut karena menurut saya yang datang ke alamat tersebut adalah guru atau mahasiswa keguruan, ada beberapa komentar yang menggunakan bahasa yang kurang pantas, Sebagian lainnya komplen atau minta lebih (gak tau di untung) dan sebagian besar lainnya cuma minta (enak saja).

Komentar-komentar tersebut tentu saja tidak mencerminkan Guru dan calon guru secara keseluruhan namun setidaknya hal tersebut membuat saya berfikir dua kali untuk memberikan link download RPP dan Silabus, saya takut kalau niat saya untuk berbagi malah menciptakan peluang pembodohan terhadap sesama rekan guru dan calon guru yang pada akhirnya menjadi bumerang menghancurkan dunia pendidikan kita.

Maka saya mengajak kepada rekan guru untuk lebih kreatif dalam menyusun Silabus dan RPP sendiri atau kelompok sesuai dengan wilayah dan mata pelajaran masing-masing sedangkan kepada rekan yang menjadi admin saya masih dilema untuk mengajak meng up load file yang tidak dapat dimodif / diubah  atau yang mudah diubah supaya tidak dikatakan plagiator sejati.

Meng-up load file yang tidak dapat diubah sepertinya cukup sulit karena saat ini banyak sekali software yang dapat dengan mudah mengkonversi file text sedangkan meng-up load file yang mudah diubah dengan harapan tidak dikatakan plagiator sejati adalah sangat riskan karena jika yang diubah hanya Nama, Nama Kepala Sekolah, Nama sekolah dan alamat saja saya kira tidak perlu bersusah payah menjadi sarjana keguruan anak TK juga bisa. Bingung nih..

Berdasarkan pertimbangan di atas untuk sementara sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan saya menghilangkan halaman link download RPP dan Silabus SMP untuk kelas 7, 8 dan 9 walau konsekuensinya saya kehilangan trafik ke blog saya yang mengharapkan mengunduh file RPP untu SMP secara gratis untuk kemudian dimodifikasi (sedikit)
Maju Terus Pendidikan Indonesia.

Artikel Serupa



Silahkan tanggapi Artikel Gratis Download RPP lengkap. Semoga bermanfaat 15 komentar sampai saat ini. Silahkan tambahkan tanggapan Anda

Post a Comment