Sunday, January 30, 2011

Teologi

Teologi (bahasa Yunani θεος, theos, "Allah, Tuhan", + λογια, logia, "kata-kata," "ucapan," atau "wacana") adalah wacana yang berdasarkan nalar mengenai agama, spiritualitas dan Tuhan. Dengan demikian, teologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keyakinan beragama. Teologi meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan Tuhan. Para teolog berupaya menggunakan analisis dan argumen-argumen rasional untuk mendiskusikan, menafsirkan dan mengajar dalam salah satu bidang dari topik-topik agama. 


Penggunaan kata ini, khususnya di Barat, mempunyai latar belakang Kristen. Namun demikian, di masa kini istilah ini dapat digunakan untuk wacana yang berdasarkan nalar di lingkungan ataupun tentang berbagai agama. 

Pada Abad Pertengahan, teologi merupakan subyek utama di sekolah-sekolah universitas dan biasa disebut sebagai "The Queen of the Sciences". Dalam hal ini ilmu filsafat merupakan dasar yang membantu pemikiran dalam teologi.

Dalam pandangan Islam teologi Sangat membantu meningkatkan keimanan seseorang karena dia akan semakin meyakini suatu hal setelah mencoba mencari jawaban atau alasan dari ajaran-ajaran Islam itu sendiri, bahkan sebagian besar ayat Al-Quran diawali dengan “Hai orang-orang yang beriman”, di tengah ayat terdapat kata “Taqwa” dan diakhir ayat terdapat “sesungguhnya orang-orang yang berfikir”

Diambil dari beberapa buku sumber dan wikipedia

Artikel Serupa



Silahkan tanggapi Artikel Teologi. Semoga bermanfaat Jadilah Komentator Pertama

Post a Comment