Skip to main content

Perbedaan Analisis TOWS dengan SWOT

Analisa merupakan suatu yang sangat biasa digunakan oleh para pelaku bisnis bahkan merambah dunia lain maksudnya bidang lain selain bisnis karena telah dirasakan manfaat yang sangat besar dari sebuah analisa untuk perbaikan perencanaan dan strategi pencapaian di masa yang akan datang. Salah satu analisa yang dianggap ampuh adalah Analisis SWOT. Seiring dengan waktu analisis SWOT mulai ditinggalkan dan beralih ke analisis TOWS. Apa sih..Analisis SWOT ???? Silahkan klik disini, lalu apa bedanya dengan Analisis TOWS ???...(Sabar dulu ya...)


Saya bukan pebisnis maka Analisis SWOT dan TOWS ini tidak saya gunakan untuk membuat Strategi Pemasaran tapi Analisis SWOT dan TOWS juga dapat dimanfaatkan untuk menganalisa lembaga pendidikan atau untuk menjadikannya cermin diri karna kata kunci dari Analisis adalah Perubahan maka siapapun yang mau berubah bisa menggunakan Analisis SWOT atau TOWS, Bukankah agama mengajarkan hari ini harus lebih baik dari kemarin...dan hari esok harus lebih baik dari hari ini...

Analisis SWOT dan TOWS sedikit memiliki kesamaan, yaitu keduanya mencoba memaksimalkan analisa  faktor internal dan faktor eksternal. (silahkan baca dulu yang ini biar faham kedua faktor ini)  tapi tetep beda bedanya kalo SWOT: S dulu, terus W, terus O, baru T.....Sedangkan TOWS : T dulu, terus O, terus W, baru S.......(akh....ini sih Anak kecil juga tahu!!!!.....sama saja..cuma dibolak-balik saja.....Ups....Sabar....)

Penjelasan diatas bukan bercanda kok...memang aslinya begitu, SWOT diawali dengan analisa (SW) strengths dan weaknesses yang merupakan faktor internal pada saat ini (Present) setelah itu baru (OT) opportunities dan threats yang merupakan faktor eksternal pada saat sekarang atau yang akan datang. Maka Analisis SWOT akan menghasilkan analisa yang lebih present atau kurang visioner. 

Pada Analisis TOWS Analisis diawali dari mengeksplorasi pemikiran akan hal-hal yang akan datang ataw hal yang lebih dinamis yaitu dari faktor eksternal terlebih dahulu baru diikuti dengan faktor internal, cara ini diyakini akan menghasilkan analisa yang lebih bisa memanfaatkan peluang dan dapat mengantisipasi segala ancaman yang akan datang, dengan kata lain Analisis TOWS lebih Visioner dari pada Analisis SWOT.

Setelah meng-eksplorasi TOWS langkah selanjutnya adalah menyusun strategi berdasarkan Analisis TOWS tersebut, strategi ini sama dengan strategi SWOT yang bisa dibaca disini. Kemudian melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab serta komitmen tinggi.

Popular posts from this blog

10 KETERAMPILAN GURU

K ali ini saya coba tampilkan tulisan yang terkait dengan tulisan sebelumnya yang berjudul Micro Teaching pada tulisan sebelumnya saya menampilkan sepuluh keterampilan yang dilatih dalam pembelajaran mikro yang kesemuanya itu merupakan dalam sebuah proses belajar mengajar. Keteampilan khusus itu meliputi:   Ketrampilan membuka pelajaran   Keteampilan memberi motivasi Ketrampilan bertanya   Ketrampilan menerangkan Ketrampilan mendayagunakan media Ketrampilan menggunakan metode yang tepat Ketrampilan mengadakan interaksi Ketrampilan penampilan verbal dan non verbal Ketrampilan penjajagan/assesment. Ketrampilan menutup pelajaran.

DAFTAR JURUSAN SMK DI MAJALENGKA

Tuntutan tenaga terampil dan lulusan sekolah menengah siap kerja menjadi pemicu pertumbuhan SMK di Indonesia, dengan Slogan SMK BISA kini SMK menjadi salah satu pilihan utama bagi siswa dan orang tua. Sampai saat ini (2012), SMK di kabupaten majalengka telah meningkat jumlahnya hingga 39 SMK dengan rincian 7 SMK Negeri, 2 Calon SMK Negeri ( Malausma + Kertajati ), 30 SMK Swasta. Dari 30 SMK tersebut Siswa lususan SMP/Mts bisa memilih 1 kompetensi keahlian dari 27 jurusan yang tersedia sesuai minat dan bakatnya :