Monday, August 30, 2010

Anak SMP Go Blog

Perkembangan dunia internet begitu pesat tersebar hingga ke pelosok pedesaan, penggunanya pun tidak hanya orang dewasa melainkan dari balita sampai manula. Apapun bisa didapat dari Internet, Ilmu Pengetahuan, berita, bisnis, hiburan, life style bahkan informasi dunia lain.

Sebagian besar anak SMP sanggup menyisihkan waktunya setiap hari di warnet 1 sampai dengan 3 jam bahkan banyak juga di antaranya yang menghabiskan sebagian besar waktunya disini jika di uangkan mereka menyisihkan 5.000 sampai dengan 20.000 rupiah per hari. Fenomena ini sepertinya mendapatkan dukungan dari orang tua karena sebagian orang tua berfikir lebih baik mereka di warnet daripada bergaul yang tidak karuan dan biar gak ketinggalan Zaman. 

Seharusnya kita senang atas dukungan orang tua tersebut tapi sayang remaja dan anak-anak tersebut menghabiskan waktu dan uangnya hanya untuk bersenang senang dengan game on line dan chattingan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pendidikan. Effek candu pada game on line dan chatting akan berakibat fatal terhadap perkembangan mereka namun menghentikan atau melarang mereka secara tiba-tiba tanpa memberikan alternatif lain adalah tindakan yang sangat tidak bijak. 

BLOG adalah salah satu solusi yang bisa ditawarkan karena diantara beberapa manfaat blog diantaranya adalah jalinan pertemanan dengan saling mengunjungi blog teman lama atau pun teman baru. Beberapa manfaat dari Blog untuk Anak SMP diantaranya adalah :

1. Penguatan Materi Pelajaran
    Materi yang didapat disekolah dibaca kembali kemudian dirangkum kedalam sebuah posting dengan mengggunakan bahasa anak SMP itu sendiri sehingga selain mendapatkan pembelajaran di kelas anak SMP juga melakukan 3 kegiatan tambahan lainnya yaitu membaca, merangkum dan menulis.


2. Meningkatkan Minat Membaca
    Sebelum melakukan Posting Artikel atau memberikan komentar pada artikel Blog lain anak SMP harus membaca terlebih dahulu. Hal ini berhubungan dengan menaikan rating Blog dan juga Etika Bloger yaitu ketika Artikel Kita dikomentari maka kita akan melakukan komentar balik pada Blog tersebut.

3. Sarana Berbagi Informasi

    Poin ini rasanya sudah cukup jelas karena media Blog yang tersambung kamana-mana sangat memungkinkan kita berbagi informasi, gagasan atau sebagai media propaganda terhadap sebuah karya atau prestasi.

4. Sarana Penyimpan Data
    anak SMP selain memiliki buku paket pasti punya buku catatan untuk yiap mata pelajaran tapi berapa lamakah buku catatanmu tersimpan, 1 tahun, 2 tahun atau malah hilang/rusak sebelum tahun pelajaran berakhir. Nah...Artikel di Blog adalah catatan yang bertahan lama dan mudah di temukan karena tersusun dalam arsip berdasarkan tanggal posting.

5. Jalinan Persahabatan
     Tema tulisan di Blog bisa sangat bervariasi hal ini didasarkan atas kesenangan dan pengetahuan pemilik Blog maka dengan mudah anak SMP ini dapat menemukan teman baru yang memiliki gagasan dan kesenangan yang sama selain jalinan pertemanan dengan teman lama.

Beberapa manfaat diatas mungkin hanya sebagian kecil dari manfaat Blog bagi anak SMP silahkan berkomentar untuk menambahkan manfaat lainnya.

Mulai Go Blog dari sekarang :

Tips Mulai Menulis:
Banyak Anak SMP yang sudah memiliki Blog tapi belum ada satu artikelpun karena bingung bagaimana mengawali nulis artikel dan apa saja yang di tulis, maka jawabannya sangat sederhana yaitu 

TULISLAH APA SAJA YANG ADA DALAM PIKIRANMU SAAT ITU

Artikel Serupa



Silahkan tanggapi Artikel Anak SMP Go Blog. Semoga bermanfaat 21 komentar sampai saat ini. Silahkan tambahkan tanggapan Anda

Post a Comment