Skip to main content

PENGARUH PONSEL TERHADAP ANAK SMP

Gambar : http://enddels.blogspot.com/
Hadirnya teknologi sebagai buah dari kecerdasan manusia telah memberikan pergeseran pola hidup manusia, Handpone/Ponsel sebagai salahsatu penemuan teknologi komunikasi telah menggeser pola komunikasi manusia, anak smp sekarang banyak yang tidak mengenal wartel, prangko, kartu pos, memo bahkan sebagian besar tidak tahu benda yang disebut "Walkman". 

Berdasarkan survey kecil-kecilan sebagian besar Anak SMP sekarang mulai di dibelikan ponsel oleh orang tuanya sejak kelas 2 - 4 Sekolah Dasar. Berdasarkan fakta tersebut dapat dibayangkan betapa familiar-nya mereka dengan ponsel sehingga pada akhirnya menciptakan candu atau ketergantungan yang lahir dari kebiasaan tersebut. Kondisi umum yang terjadi tidak dapat disalahkan,banyak orang tua memanfaatkan ponsel untuk memudahkan kontrol terhadap anak-anaknya selain ingin memberikan kebahagiaan berupa ponsel yang berfungsi sebagai alat komunikasi juga sarana hiburan dengan fitur-fitur canggihnya.


Frekuensi tinggi, komposisi warna tajam, fasilitas multimedia keren, sambungan internet super cepat memanjakan penggunanya, untuk orang tua yang super sibuk sangat bermanfaat karena dapat berkomunikasi dengan anaknya dengan mudah atau orang tua tidak merasa khawatir karena anaknya tidak akan bermain jauh dari rumah karena asik bermain gadged canggihnya. 

Disisi lain perlu juga dipertimbangkan dampak negatif dari berbagai kemudahan tersebut, baik dari aspek sosial, psykologis dan kesehatan anak. Ponsel dianjurkan digunakan seminim mungkin dan tidak digunakan dalam mobil karena dapat meningkatkan radiasi dari gelombang yang dipancarkan, gelombang tersebut dapat menimbulkan gangguan pendengaran dan memicu kanker otak bahkan Erik Huber melalui situs asosiasi dokter Austria juga menyerukan untuk tidak memainkan game di ponsel.

Faktor lain yang tidak kalah pentingnya adalah faktor pengawasan orang tua / guru akan lebih sulit terhadap penggunaan multimedia dan internet pada ponsel canggih yang memudahkan anak-anak menggunakannya untuk hal-hal yang belum layak bagi usia mereka tanpa kendali. Pemerintah Jepang  melalui Departemen Pendidikan Jepang diteruskan kepada pemerintahan administratif Perdana Menteri Yasuo Fukuda meminta produsen Jepang untuk mengembangkan ponsel yang hanya fungsi berbicara, global positioning system (GPS) bernavigasi satelite saja sebagai upaya atas kekhawatiran dan beberapa kasus penyalahgunaan Gadget tersebut. Sementara itu pemerintah prancis telah melangkah dengan menggodok RUU penggunaan ponsel bagi anak usia sekolah baik di sekolah maupun di luar sekolah. 

Bagaimana dengan Indonesia???????
Mungkin kita belum sampai kesana tapi alangkah baiknya jika kita mempertimbangkan dampak positif dan negatifnya terlebih dahulu sebelum membelikan gadget canggih pada putra-putri kita tercinta serta memberikan pemahaman dampak dari ponsel bagi mereka dan etika menggunakan ponsel yang baik sementara kita terus belajar menggunakan dan memanfaatkan ponsel berbagai merk  agar kita dapat terus memberikan kontrol terhadap mereka. Lucu juga kan kalo Ponsel yang dirazia dikembalikan lagi tanpa di apa-apain karna kita gak bisa buka kunci ponselnya.....: )

Popular posts from this blog

10 KETERAMPILAN GURU

K ali ini saya coba tampilkan tulisan yang terkait dengan tulisan sebelumnya yang berjudul Micro Teaching pada tulisan sebelumnya saya menampilkan sepuluh keterampilan yang dilatih dalam pembelajaran mikro yang kesemuanya itu merupakan dalam sebuah proses belajar mengajar. Keteampilan khusus itu meliputi:   Ketrampilan membuka pelajaran   Keteampilan memberi motivasi Ketrampilan bertanya   Ketrampilan menerangkan Ketrampilan mendayagunakan media Ketrampilan menggunakan metode yang tepat Ketrampilan mengadakan interaksi Ketrampilan penampilan verbal dan non verbal Ketrampilan penjajagan/assesment. Ketrampilan menutup pelajaran.

Perbedaan Analisis TOWS dengan SWOT

Analisa merupakan suatu yang sangat biasa digunakan oleh para pelaku bisnis bahkan merambah dunia lain maksudnya bidang lain selain bisnis karena telah dirasakan manfaat yang sangat besar dari sebuah analisa untuk perbaikan perencanaan dan strategi pencapaian di masa yang akan datang. Salah satu analisa yang dianggap ampuh adalah Analisis SWOT . Seiring dengan waktu analisis SWOT mulai ditinggalkan dan beralih ke analisis TOWS. Apa sih..Analisis SWOT ???? Silahkan klik disini , lalu apa bedanya dengan Analisis TOWS ???...(Sabar dulu ya...)

DAFTAR JURUSAN SMK DI MAJALENGKA

Tuntutan tenaga terampil dan lulusan sekolah menengah siap kerja menjadi pemicu pertumbuhan SMK di Indonesia, dengan Slogan SMK BISA kini SMK menjadi salah satu pilihan utama bagi siswa dan orang tua. Sampai saat ini (2012), SMK di kabupaten majalengka telah meningkat jumlahnya hingga 39 SMK dengan rincian 7 SMK Negeri, 2 Calon SMK Negeri ( Malausma + Kertajati ), 30 SMK Swasta. Dari 30 SMK tersebut Siswa lususan SMP/Mts bisa memilih 1 kompetensi keahlian dari 27 jurusan yang tersedia sesuai minat dan bakatnya :